Penjelasan 3 Cara Upgrade OS Android


3 Cara update OS pada perangat android- OS (oprating system) merupakan sebuah komponen yang vital dalam sebuah rangkaian mesin yang mana OS ini lah yang mengoprasikan perangkat keras (hardware), os ini layaknya ruh jika dalam diri manusia yang mengoptimalkan kinerjanya dalam suatu bidang. jika kita lihat arti yang dilansir oleh wikipedia, maka kita akan menemukan arti OS (operating system) adalah :
Sistem Operasi (Operating System : OS) adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer,meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer dari ponsel dan konsol permainan video untuk super komputer dan server web.

sekrang sobat pasti sudah mengenalkan apa itu OS? jika kita pelajari lebih dalam tentang OS, maka kita akan menemukan banyak versi yang dirilis oleh developernya masing-masing, misalnya saja, sahabat pasti tau kan OS yang dominan digunakan oleh komputer? kita sebut saja "windows", dari satu nama ini ada banyak versi yang dirilis oleh windows yang pasti pada setiap verinya memiliki kelebihanya masing-masing, termasuk operating sistem yang digunakan oleh android, andorid sendiri menggunakan OS yang berbasis linux.

kita tidak membahas terlalu panjang tentang pengertian OS, karena saya yakin sobat sudah pasti mengerti semuanya, yang akan kita bahas adalah tiga cara upgrade OS andorid lalu bagaimana tiga cara tersebut, mari kita bahas sampai tuntas.


Penjelasan 3 Cara Upgrade OS Android

1. Update OTA




OTA adalah Singkatan dari Over The Air, merupakan Update suatu OS yang dilakukan secara otomatis melalui Updater HP masing-masing. Misal, saya menggunakan iPhone 7S lalu didalam update OS hp saya ada sebuah update resmi dari apple langsung, lalu saya update ke versi terbaru yang dirilis oleh pihak apple di hp nya langsung tanpa menggunakan software pihak ketiga.

Keutamaan update OTA:
Jika melakukan update via OTA, File firmware yang di download jauh lebih kecil dibandingkan jika melakukan update manual, sehingga tentu bisa jadi alternatif untuk menghemat kuota Internet.

Hasil dari update via OTA biasanya jauh lebih stabil karena firmware yang di download dan install sudah merupakan versi pembaruan resmi dari vendor smartpone tersebut.

Update via OTA jauh lebih mudah karena hanya membutuhkan paket data serta koneksi Internet stabil saja, dalam hal ini tidak perlu menggunakan PC/Laptop untuk proses updatenya.

2. Update Via ADB&Fastboot



Fastboot adalah kondisi dimana sobat membuka akses kedalam system untuk mengganti atau mereplace sebuah file vital dari OS tersebut, seperti melakukan flash terhadap system, user data hingga recovery dan method ini diberlakukan di PC dengan bantuan CMD (Command Prompt). Jika sobat update OS sobat dengan cara yang ini, pastikan sobat mengerti betul perintah-perintah CMD (Command prompt) karena jika sobat salah dalam satu langkah ini, akan mengakibatkan kegagalan dalam instalasi dan HP sobat akan bootloop.

3. Update Via Recovery TWRP/CWM/Philz Touch


Recovery adalah sebuah menu yang tidak terikat oleh sistem dan bisa di akses saat mulai menghidupkan device android anda. Dan berguna untuk berbagai macam keperluan untuk memaksimalkan penggunaan device android tersebut.

Dengan berkembangnya teknologi recovery ini sudah banyak mengalami perkembangan dari segi tampilan dan tambahan menu, tetapi kinerja serta kegunaanya tetap sama dari awal diciptakanya recovery tersebut. recovery ini banyak versinya juga sesuai dengan type hp yang digunakan.

update via recovery adalah solusi yang paling aman saat sobat update OS HP sobat, mengapa demikian? karena recovery adalah fasilitas flashing secara offline jadi tidak bergantung pada jaringan, meski jaringan tidak stabil proses updating akan berjalan dengan baik, meski pun gagal sobat bisa mengulangnya kembali.

Demikian tiga cara update OS yang bisa sobat lakukan dengan selera sobat masing-masing,

semoga bisa memberikan inspirasi buat sobat semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan 3 Cara Upgrade OS Android"

Post a Comment

Selamat Datang di Blog Pekanan.com